4 Tips Merawat Warna Rambut agar Awet dan Tahan Lama

4 Tips Merawat Warna Rambut agar Awet dan Tahan Lama

Berencana mengganti penampilan dengan mengubah gaya rambut? Ingin terlihat berbeda dengan melakukan pewarnaan pada rambut? ketika kamu ingin mewarnai rambut, tentu saja kamu menginginkan warna yang indah, berkilau, dan tahan lama.

Sebenarnya mewarnai rambut juga termasuk upaya untuk tampil lebih menarik. Apalagi bagi para perempuan karena rambut adalah mahkota. Seiring dengan perkembangan jaman, di era globalisasi ini, makin banyak perempuan yang tertarik untuk mewarnai rambutnya. 

Namun setelah satu bulan pewarnaan, tak sedikit perempuan yang suka mengecat ulang atau bahkan mengganti warna rambutnya dikarenakan warna rambut yang mulai pudar. Lalu bagaimana solusi agar warna rambut awet dan tahan lama? Berikut adalah tipsnya!

Jangan langsung mencuci rambut

Setelah mengecat rambut, sebaiknya jangan langsung mencucinya. Biarkan selama dua atau tiga hari untuk melakukan pencucian rambut kedua setelah dicat. Hal ini dimaksudkan untuk membuat cat menempel sempurna pada rambut.

Gunakan sampo khusus rambut diwarnai

Perlu diketahui bahwa warna rambut cenderung memudar saat kita keramas karena air mengandung yang dapat mengurangi tingkatan dan pigmen kimia produk yang digunakan untuk mewarnai rambut kita. Untuk mencegah pengurangan pigmen ini, satu-satunya yang harus dilakukan yakni mengobati serat rambut. Gunakan sampo khusus untuk rambut diwarnai dengan pH asam yang menutup tingkatan dan pigmen rambut diwarnai.

Hindari terpapar langsung sinar matahari

Merawat warna rambut bukanlah hal yang mudah. Sinar matahari salah satu penyebab warna rambut cepat memudar. Sehingga, pastikan saat Anda keluar rumah dan langsung terkena paparan sinar matahari, gunakanlah topi atau syal untuk menutupi rambut. Anda bisa juga menggunakan serum rambut untuk melindungi rambut dari matahari dan juga polusi.

Keringkan rambut dengan lembut

Rambut berwarna bertambah sensitif dengan berbagai penggunaan bahan kimia berkali-kali, di-blow dry, diluruskan dengan mesin catok panas sehingga menyebabkan kerusakan. Suhu panas akan mengubah hydrolipid, melemahkan keratin (protein rambut), dan mempercepat penghapusan pigmen buatan. Hasilnya, warna rambut akan hilang kilaunya dan akhirnya rusak.

Merawat warna rambut bukanlah hal yang mudah. Kita membutuhkan ketelatenan ekstra untuk dapat mempertahankan warna rambut agar awet dan tahan lama. Jadi sebaiknya, lakukan tips diatas secara rutin agar warna rambutmu awet dan tahan lama.
Sri Nuryani
Sri Nuryani Berfikir sambil rebahan.

Posting Komentar untuk "4 Tips Merawat Warna Rambut agar Awet dan Tahan Lama"