website statistics
lowongan penulis freelance

Kedudukan Seorang Wanita dalam Pandangan Islam

Kedudukan Seorang Wanita dalam Pandangan Islam Reviewed by nurul Wanita Indonesia on . This Is Article About Kedudukan Seorang Wanita dalam Pandangan Islam

Di zaman emansipasi ini, Anda mungkin sudah banyak mengenal banyak tokoh-tokoh wanita hebat di penjuru dunia, contohnya saja seperti Margaret Thatcher yang terkenal dengan sebutan “Wanita Besi”. Dibalik keindahan seorang… Read more »

Rating: 4

Di zaman emansipasi ini, Anda mungkin sudah banyak mengenal banyak tokoh-tokoh wanita hebat di penjuru dunia, contohnya saja seperti Margaret Thatcher yang terkenal dengan sebutan “Wanita Besi”. Dibalik keindahan seorang wanita, disitu tersimpan ketangguhan. Maka tidak salah jika ada pepatah yang berbunyi “Di balik pria sukses, di situ ada wanita hebat”. Namun, bagaimana sih sosok seorang wanita dalam pandangan Islam?

Wanita layaknya pusat dari semua makhluk hidup di dunia, berdasarkan dari hadist Nabi. Wanita diumpakan seperti harta paling indah yang harus dijaga agar tidak luntur keindahannya. Di dalam kehidupan ini, wanita mempunyai peranan yang sangat penting. Namun, bukan berarti wanita di haruskan menginjak-injak kaum pria. Wanita dalam pandangan islam ada untuk dilindungi oleh kaum pria. Kenapa begitu? Sesuai dengan yang tercantum pada berbagai ayat Al-Quran, wanita (hawa) sesungguhnya diciptakan dari tulang rusuk pria (adam). Jadi, wanita diciptakan bukan untuk menginjak atau diinjak kaum pria, melainkan untuk selalu dilindungi. Begitulah kedudukan wanita dalam pandangan Islam.

Wanita dalam Pandangan Islam 300x300 Kedudukan Seorang Wanita dalam Pandangan Islam

Wanita dalam Pandangan Islam

Namun, bagaimanakan kedudukan wanita sebelum datangnya Islam? Zaman jahiliyyah atau masa-masa sebelum munculnya agama Islam, keum wanita ditempatkan di tempat yang paling rendah. Seperti yang tercantum dalam Riwayat Hidup Rasullah SAW yang dicatat oleh Bashiruddin Mahmud Ahmad. “Dalam zaman ini, wanita sama sekali tidak memiliki hak dan kedudukan. Bahkan, pembunuhan bayi perempuan adalah satu perbuatan terhormat” Sebagian masyarakat pada zaman tersebut akam merasa malu dan kecewa jika mendapatkan bayi perempuan. Kemudian, bayi tersebut akan dibunuh atau bahkan dikubur hidup-hidup. Perbudakan wanita di zaman ini juga dikenal sangat kejam dan tidak manusiawi. Perristiwa ini kemudian terus berlanjut sampai saat datangnya agama Islam.

makalah wanita dalam pandangan islam 212x300 Kedudukan Seorang Wanita dalam Pandangan Islam

makalah wanita dalam pandangan islam

Nyatanya, Islam-lah yang pertama kali menyerukan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan. Tidak ada batasan untuk wanita dalam menuntut ilmu dan juga menyebarkan ajaran agama Islam. Selain itu, wanita dalam pandangan islam ada untuk diberikan kasih sayang, seperti yang dilakukan oleh Nabi kepada istri-istri beliau. Seorang wanita diberikan penghargaan yang sangat tinggi dalam ajaran Islam. Lambat laun, sistem perbudakan wanita pada zaman jahiliyyah pun berangsur-angsur terhapuskan. Jika saja sebagian orang menganggap Islam tidak memperlakukan wanita secara pantas, tentu saja hal ini tidak benar.

Mengapa banyak yang beranggapan bahwa wanita diperlakukan rendah dalam pandangan islam? Ini mungkin saja karena diperbolehkannya poligami dalam ajaran Islam. Di jaman Nabi, poligami dilakukan untuk membantu janda miskin dan istri yang ditinggal mati oleh suaminya di medan perang dan masih memiliki tanggung jawab terhadap anak-anaknya.Pada dasarnya, Islam selalu berpandangan bahwa wanita adalah makhluk terindah dan mempunyai kedudukan mulia di mata Allah SWT. Wanita nantinya akan menjadi seorang ibu, dan seorang ibu memiliki tempat yang istimewa dalam ajaran islam.

 Kedudukan Seorang Wanita dalam Pandangan Islam

pandangan islam terhadap wanita

Lalu, bagaimanakah seorang wanita dapat dipandang mulia? Jika Anda ingin menjadi wanita yang mulia, jagalah selalu kehormatan diri Anda. Salah satunya adalah dengan menjaga sikap dan juga memakai pakaian yang pantas serta menutupi aurat. Pakailah jilbab, karena rambut dan leher juga merupakan aurat bagi wanita. Selain sebagai kewajiban, memakai jilbab juga banyak mendatangkan manfaat.

Begitulah kedudukan seorang wanita dalam pandangan Islam. Sayangnya, masih banyak kaum wanita yang belum mengetahui hal ini. Mulai saat ini, banggalah menjadi seorang wanita dan usahakan menjadi wanita terhormat yang mulia di sisi Allah SWT.

 
 

Kedudukan Seorang Wanita dalam Pandangan Islam Foto Galeri Poster Gambar

Wanita dalam Pandangan Islam   makalah wanita dalam pandangan islam   pandangan islam terhadap wanita   pandangan islam terhadap wanita   
 
 
artis batak

Dunia dalam Wanita:

makalah kedudukan wanita dalam islam, dunia wanita islam, kedudukan wanita dalam pandangan islam, makalah pandangan islam terhadap perempuan, kedudukan wanita dalam islam, karir wanita dan pria dalam islam, pandangan nabi terhadap wanita, pandangan islam pada wanita ibu rumah tangga, pandangan islam dalam persamaan hak wanita dan pria, pandangan dunia terhadap perempuan sekarang, Pandangan agama islam tentang wanita, materi tentang kedudukan wanita dalam islam, materi tentang kedudukan perempuan dalam islam, Makna Seorang wanita dalam pandangan islam, makalah tokoh wanita daam pendidikan islam
Filed in: Dunia Wanita Tags: