website statistics
lowongan penulis freelance

Hadits Tentang Wanita Muslim – Menguak Ketentuan Haid

Hadits Tentang Wanita Muslim – Menguak Ketentuan Haid Reviewed by helda Wanita Indonesia on . This Is Article About Hadits Tentang Wanita Muslim – Menguak Ketentuan Haid

Bagaimana ketentuan haid berdasarkan hadits tentang wanita muslim? Haid atau menstruasi merupakan keluarnya cairan darah dari rahim, ketika usia seorang perempuan mencapai baligh. Terjadinya haid pada wanita bisa dimanfaatkan sebagai… Read more »

Rating: 5

Bagaimana ketentuan haid berdasarkan hadits tentang wanita muslim? Haid atau menstruasi merupakan keluarnya cairan darah dari rahim, ketika usia seorang perempuan mencapai baligh. Terjadinya haid pada wanita bisa dimanfaatkan sebagai pengatur kelahiran anak secara alami, karena haid terjadi berdasarkan siklus tertentu.

Hadits Tentang Wanita Muslim 300x199 Hadits Tentang Wanita Muslim – Menguak Ketentuan Haid

Hadits Tentang Wanita Muslim

Perempuan yang mengalami haid terbagi ke dalam tiga golongan, yakni mubtada’ah, mu’tadah, dan mustahadhah. Ketiganya memiliki hadits tentang wanita muslim yang berbeda.

1. Mubtada’ah
Golongan ini merupakan kaum perempuan yang mengalami haid untuk pertama kalinya. Saat haid, ia wajib berhenti shalat, puasa, hubungan intim/bersetubuh, dan baru melaksanakannya lagi setelah suci.
Jika haid secara mendadak berhenti, lalu beberapa hari kemudian haid muncul kembali, maka ketika tidak haid itu ia wajib melakukan mandi wajib dan melaksanakan shalat setiap masa suci, lalu berhenti shalat lagi setiap haid terjadi.

2. Al-Mu’tadah
Termasuk dalam kategori Al-Mu’tadah adalah para wanita yang telah terbiasa mengalami haid pada hari-hari tertentu pada satu bulan, dan terjadi secara rutin. Wanita haid kelompok Al-Mu’tadah secara hukum Islam wajib berhenti shalat, puasa, dan berhubungan intim ketika sedang haid. Jika di antara waktu haid muncul cairan kuning atau keruh, maka ia tak perlu mempedulikannya. Ummu Athiyah menyebutkan bahwa ia tidak menganggap cairan kuning atau keruh yang keluar setelah memasuki masa suci sebagai darah haid. Demikian ketentuan haid yang disebutkan dalam hadits tentang wanita muslim, HR Abu Daud: 307, 308.

hadits tentang wanita penghuni surga 300x225 Hadits Tentang Wanita Muslim – Menguak Ketentuan Haid

hadits tentang wanita penghuni surga

3. Mustahadhah
Mustahadhah adalah golongan wanita yang darahnya terus mengalir dalam jumlah banyak setelah masa haid berakhir. Hadits tentang wanita muslim kategori mustahadhah ada dua:

1. HR Abu Daud: 274, dan An-Nasai: 33, Kitab Ath-Thaharah: Hendaknya mustahadhah mencermati jumlah hari-hari haid setiap bulannya, sebelum aliran darah yang banyak itu terjadi. Setelah jumlah hari haid didapatkan, maka hendaklah ia dia berhenti shalat sejumlah hari itu dalam satu bulan. Namun, jika lebih lama, sebaiknya wanita muslim ini mandi wajib, mengenakan pembalut, lalu melaksanakan shalat. Demikianlah hadits tentang wanita muslim kategori mustahadhah.

2. Hadits tentang wanita muslim kategori mustahadhah berikutnya adalah HR Abu Daud: 286, 304, dan An-Nasai: 1/123, 185: Apabila darah haid berwarna hitam, berhentilah melaksanakan shalat. Namun, jika darahnya itu berwarna lain, hendaknya cepatlah mandi wajib, berwudu, lalu shalat, karena itu tak lebih dari darah kotor.

3. Sedangkan hadits tentang wanita muslim kategori mustahadhah ketiga adalah HR At-Tirmidzi: 128 : Hendaklah mandi wajib setelah suci, lalu shalatlah di masa-masa suci ini selama 24 atau 23 hari, dan berpuasalah jika memang ada kewajiban berpuasa, karena ibadah ini memang sudah boleh dilaksanakan.

hadits tentang wanita berjilbab 300x200 Hadits Tentang Wanita Muslim – Menguak Ketentuan Haid

hadits tentang wanita berjilbab

Demikianlah hadits tentang wanita muslim yang berkaitan dengan ketentuan haid. Semoga dapat dijadikan referensi bagi Anda yang mengalaminya.

 
 

Hadits Tentang Wanita Muslim – Menguak Ketentuan Haid Foto Galeri Poster Gambar

Hadits Tentang Wanita Muslim   hadits tentang wanita penghuni surga   hadits tentang wanita berjilbab   
 
 
artis batak

Dunia dalam Wanita:

wanita berjilbab, hadist tentang wanita, Tentang wanita com, hadist muslim, ketentuan haid, wanita penghuni surga, hadist tentang haid, hadits tentang haid, hadist tentang cinta kepada wanita, Ketentuan haid dalam islam, gambar hadits, hadist tentang lamanya wanita haid, hadits wanita berhijab, ketentuan boleh solat saat menstuasi, Hadiz menstruasi
Filed in: Dunia Wanita Tags: