website statistics
lowongan kerja perawat

Cara Menghilangkan Sakit Perut Pada Saat Haid

By on 11/02/2013

Datang bulan merupakan salah satu kebiasaan yang akan dialami oleh wanita normal setiap bulannya. Pada saat ini jugalah tidak sedikit perempuan yang mengalami nyeri, pusing, mual, pegal-pegal dan sakit perut. Sebenarnya hal ini normal, namun jika anda mengalaminya secara terus menerus maka sebaiknya anda mencari tahu penyebabnya. Sakit perut saat haid atau yang juga dikenal dengan dilep sangat menyebalkan karena  dapat menganggu kegiatan anda pada hari tersebut. Nyeri tersebut memang bisa dihilangkan dengan obat, namun alangkah lebih baiknya anda menggunakan cara yang alami agar lebih aman.

Tips Mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid

Tips Mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid

Salah satu cara menghilangkan sakit perut pada saat haid adalah dengan buah pepaya. Beberapa bahan lainnya yang anda perlukan adalah 1 lembar daun pepaya, garam secukupnya serta 1 buah asam. Cara menghilangkan sakit perut ini bisa dilakukan dengan menumbuk halus daun pepaya serta mencampurkan bahan lainnya hingga merata. Jika perlu tambahkan air secukupnya dan peras kemudian jangan lupa untuk disaring. Minumlah hasil saringan tersebut ketika anda haid dan nyeri di perut akan hilang.

Bagaimana cara mengurangi rasa sakit

Bagaimana cara mengurangi rasa sakit

lowongan kerja konsultan kesehatan

Cara menghilangkan sakit perut yang lebih mudah lagi adalah dengan menggunakan air hangat. Jadi siapkan handuk dan kompreslah ke dalam air hangat. Letakkan handuk yang sudah anda kompres tadi diatas perut anda dan biarkan hingga mengering. Rasa hangat ini akan mampu menghilangkan nyeri pada perut ketika anda haid dan bisa anda lakukan setiap kali nyeri tersebut muncul. Cara menghilangkan sakit perut berikutnya adalah dengan meminum minuman yang hangat. Hal ini juga secara tidak langsung membantu menenangkan perut anda sehingga tidak nyeri lagi. Hindari minuman dingin berlebih, terutama yang bersoda ataupun yang berakohol. Selain tidak sehat untuk tubuh, minuman tersebut dapat membuat nyeri semakin parah. Cara menghilangkan sakit perut bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih dan meminum teh hangat. Untuk mendukung cara-cara diatas, jangan lupa untuk istirahat yang cukup baik setelah anda melakukan perawatan diatas ataupun pada malam hari. Aktivitas dan kegiatan yang padat akan menyebabkan nyeri semakin parah, oleh karena itu batasilah kegiatan anda ketiga nyeri mulai timbul.

Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Menstruasi

Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Menstruasi

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa nyeri pada perut juga bisa dilakukan dengan olahraga yang teratur. Anda tidak perlu olahraga yang terlalu berat ataupun banyak, hanya cukup dengan push atau sit up 10x sehari selama seminggu sebelum anda haid. Ini merupakan cara menghilangkan sakit perut pada saat haid yang mudah dilakukan dan dijamin keefektifannya. Jadi olahraga tidak hanya akan membuat badan anda menjadi lebih sehat namun juga menghindari rasa sakit ketika anda haid. Cara menghilangkan sakit perut juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1 dan B2. Sebuah penelitian dari University of Massachusetts menunjukkan bahwa wanita yang rajin mengkonsumsi bitamin ini akan mengalami nyeri haid yang lebih ringan dibandingkan dengan wanita yang lain. Hal ini akan lebih optimal lagi apabila wanita mengkonsumsi kalsium dan vitamin D juga. Kedua vitamin tersebut sangat dianjurkan karena dapat membantu meringankan gejala PMS termasuk sakit perut pada saat PMS. Jadi cara menghilangkan sakit perut pada saat haid tidak selalu harus menggunakan obat karena dengan cara-cara alami pun anda bisa mengatasi rasa nyeri tersebut. Lakukanlah cara-cara diatas secara rutin untuk menghilangkan dan menghindari rasa nyeri pada saat haid.

Tinggalkan Komentar